jump to navigation

Kebenaran Maret 6, 2008

Posted by anditoaja in Agama.
trackback

 Kebenaran adalah milik dan tanda eksistensi bagi Sang Mahabenar. Segala hal yang merupakan selain-Nya di wilayah konkret adalah fana dan terbatas sehingga sangat dimungkinkan kebenaran muncul dalam dalam bentuk realitas mistis, teologis, dan sosial yang berbeda-beda. Kebenaran tidak bisa dikapling, dibatasi, atau ditelikung milik seseorang atau sekelompok tertentu saja, apa pun dalilnya.  

Kebenaran di wilayah konkret adalah kontrak sosial, sedangkan kebenaran di wilayah abstrak hanya milik Dia. Karena itu segala hal perjanjian, kerjasama atau kontrak sosial di antara sesama manusia, atau sesama makhluk yang disisipi dengan kebohongan, tipudaya, rekayasa, manipulasi, intimidasi, dan represi atas nama apa pun adalah sebuah penindasan dan eksploitasi yang harus dienyahkan. [andito]

Komentar»

1. ekaaper - Maret 17, 2008

kalo gt kebenaran diwilayah kita hanya ada ketika disepakati banyak orang ??!!, waduh gaswat..jadi tambah puyeng..!!, ato mungkin aku yang salah tangkep ya!?, saya sekarang merasa jadi kerdil dengan pemikiran ini, tapi saya juga seneng dengan kekerdilan saya ini, makasih ya bang!!, Sang Mahabenar itu jadi bener-bener ga kejangkau dan suci dari penodaan apapun, coment saya!

2. eka - Maret 17, 2008

waduh saya jadi makin bingung euy, toloooong!!!!, makasih ya mas, sekarang saya jadi tambah kerdil dengan pemikiran mas, tapi saya seneng dengan kekerdilan diri saya ini !!!, ternyata Tuhan itu…. ah, sulit deh.


Tinggalkan Balasan

